Full Feed + Yahoo Pipes + IFTTT = FREE Autoblog

 On Tuesday, July 02, 2013  

Sharing cara membuat autoblog lewat bantuan yahoo pipes, ifttt, dan tentunya sumber full feed dengan flatform yang dipakai yaitu blogspot. Cara ini jadul tapi masih works! Sebagai catatan, yang namanya autoblog pasti ga akan bertahan lama alias deindex, blog delete, dan yang lebih sadisnya akun blogger dibanned. Itu resikonya wokehh.. Sekarang mari kita buka dalemannya.

Dalam blogspot kalau manual posting perhari 50+ post bakal keluar captcha, nah autoblog ini dengan bantuan 3rd party (ifttt) yang sudah mendapatkan trust dari blogger maka semua captcha bakal dihandle sama dia dan autoblog kitapun akan terhindar dari flag spam TERKECUALI kalau ada staff blogger ngcek baru deh kartu merah keluar aka delete.

Alur autoblog
Feed source = yahoo pipes = ifttt = blogspot

PERSIAPAN AWAL
- 2 Email baru; gmail dan yahoo
- Sumber feed yang akan dijadikan autoblog..

Sebagai contoh kita akan membuat autoblog download mp3 album metal dan sumber feed berasal dari getmetal.org

http://getmetal.org/rss.xml

Karena description feed tersebut masih short maka kita harus membuatnya full feed via yahoo pipes

PROSES AUTOBLOG

Blogger
Bikin blogspot baru, pemilihan nama terserah, hindari penggunaan seperti download, mp3, dst.

Yahoo Pipes
Bikin akun yahoo pipes disini,
http://pipes.yahoo.com/pipes/
Yup, kita beruntung ga bikin proses pipes yang cukup membingungkan, tinggal menggunakan dan edit sedikit   yahoo pipes Feed Full Text Parse buatan Anav Rin berikut ini untuk membuat full feed getmetal.
http://pipes.yahoo.com/anavrin/feedfulltextparser
Lalu klik View Source, dan akan keluar tampilan berikut ini


Hapus 3 element; FeedURL (text), Cutcontentfrom (text), to (text).. sisanya tinggal ini


Sekarang masukan getmetal feed ke kolom Fetch Feed, lalu pada Loop masukan html tag dibagian cut content from, ini gunanya untuk memotong html tag dan mengambil content yang kita mau dengan kata lain inilah proses full feed.

Pertanyaannya, html tag mana yang harus kita ambil? yup disini kita harus liat kode sumbernya dulu (beda source feed beda juga html tag nya).

Sebagai contoh, silahkan buka URL ini. Lalu view page source (Ctrl+U pada chrome). Cari bagian (Ctrl+F) Country : USA, contoh untuk langsung mengarah ke content.. tekan F3 untuk melakukan pencarian berikutnya, sampai terlihat pada gambar berikut ini.


Orange : pencarian kata Country : USA
Merah : inilah html tag yang akan kita gunakan, dengan demikian maka pada loop element kita masukan html tag berikut ini..
Cut content from : <div align="center">
to : </div></div></td>
Klik element Loop, dan ini hasilnya...


Selamat, feed sudah full (y). Di loop yang pertama, [html|source] ada di bagian content  Harusnya [html|source] berada tepat dibawah description tapi ini sudah di handle oleh element loop ke-2 (lihat perbedaannya pada bagian description). Hasil akhir klik Pipe Output. Selanjutnya tinggal save feed, klik tombol Save a Copy (kanan atas).

Ambil Feed Pipes.
- Ambil feed yahoo pipes yang barusan kita buat tadi, klik back to my pipes lalu klik lagi pipes (kalau nama tidak dirubah) Copy of Feed Full Text Parser. Klik kanan Get as RSS lalu simpan di notepad


Next step: IFTTT Autoposting
Proses autoposting ke blogspot menggunakan layanan ifttt, Silahkan buat akun dulu https://ifttt.com/

Setelah itu, buat receipe baru
1. Pilih menu Create
2. Klik this
3. Dibagian choose trigger channel pilih feed
4. New feed item
5. Masukan feed url yahoo pipes yang tadi copy di notepad, lalu create trigger
6. Klik that
7. Pilih blogger blog, kalau anda pertama kali menggunakannya maka terlebih dahulu harus menghubungkan akun blogger dengan ifttt, ikutin saja perintahnya
8. Choose an action, pilih create a post
9. Isi action fields, seperti ini.. terus click action


10. Kasih deskripsi terserah dan autoblog metal album sudah selesai, tinggal tunggu beberapa menit, biasanya ifttt langsung autopost ke blogspot anda.

Note:
Berdasarkan pengalaman dalam satu akun blogger, autopost ifttt hanya bisa post pada satu blogspot saja. Tapi bisa juga digunakan pada platform lainnya seperti wordpress, dan lain-lain.

Selamat mencoba dan semoga artikel Full Feed + Yahoo Pipes + IFTTT = FREE Autoblog ini bisa bermanfaat. Happy blogging
Full Feed + Yahoo Pipes + IFTTT = FREE Autoblog 4.5 5 Unknown Tuesday, July 02, 2013 Sharing cara membuat autoblog lewat bantuan yahoo pipes, ifttt, dan tentunya sumber full feed dengan flatform yang dipakai yaitu blogspot. C...


7 comments:

  1. Since the Fetch Page is Yahoo Pipes is no longer available, could please update this post and show us the trick to make this work again using the available module sin Yahoo Pipes. Thanks

    ReplyDelete
  2. trims atas info lengkap ttg full feed menggunakan yahoo pipes :)

    ReplyDelete
  3. ingin bisa main auto auto-an
    tapi ilmu belum nyampe

    ReplyDelete
  4. tapi gitu gan, resikonya... jjangan jangan belum sempat kita nikmati hasilnya, udah langsung kena hukum guugle... wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Makasih gan pencerahannya.

    ReplyDelete
  6. trims info nya bro,.. tapi Yahoo Pipes sudah ga bisa dipakai.., ada cara lain ga???

    trimss

    ReplyDelete
  7. yahoo pipe udah ga bisa mas gan, kira kira ada ga ya alternatif lain yang seperti yahoo pipe

    ReplyDelete