Manajemen jaringan internet

 On Friday, March 06, 2009  

Manajemen jaringan internet akan semakin diperlukan oleh seorang manajer jaringan atau administrator jaringan, manakala jaringan yang harus ditanganinya sudah semakin besar. Ketersediaan hubungan atau availability of connection setiap saat merupakan sebuah goal yang harus dicapai. untuk itu, seorang administrator dituntu untuk mengetahui kondisi kesehatan jaringannya secepat mungkin, sebelum para pengguna jaringan mengetahui adanya masalah seperti connection down, paket yang didiscard tinggi, dan lain sebagainya

Dengan SNMP, yang terdiri dari tiga elemen: agent, manajer, dan MIB, proses monitoring jaringan dapat dilakukan secara terpusat. Agen yang dipasang tersebar di setiap router atau host-host penting, akan memberitahu kepada sebuah manajer mengenai kondisi mesin yang dimonitornya.

Pada prinsipnya, setiap device jaringan dapat dimonitor menggunakan SNMP. yang diperlukan untuk keperluan tersebut adalah agen dan MIB. banyak software agen SNMP yang dibuat menurut kebutuhan device, dengan informasi dalam MIB spesifik.

Sebuah jaringan komputer, secara umum memiliki objek-objek yang dapat diamati yang dikelompokan de dalam group-group: system, interface, at, ip, icmp, dan tcp. untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan misalnya utilitas interface, software manajer harus mengumpulkan informasi tentang beberapa objek yang relevan, kemudian dimasukan kedalam rumus yang sesuai untuk informasi utilitas tersebut.

Source: TCP/IP Standar, Desain, dan Implementasi
Manajemen jaringan internet 4.5 5 Unknown Friday, March 06, 2009 Manajemen jaringan internet akan semakin diperlukan oleh seorang manajer jaringan atau administrator jaringan, manakala jaringan yang harus...


9 comments:

  1. wah makasi nih artikelnya...
    ijin comot yah buat di liat-liat lagi..

    ReplyDelete
  2. wah... bisa la ne... nambah wawasan aq...
    trims artkelnya bro... keren ...

    ReplyDelete
  3. mantap ni infonya..
    pake ba******* juga mantap.. :D

    ReplyDelete
  4. nice post
    izin comot yaa

    ReplyDelete
  5. wah.. nggak ngerti nih soal ginian.. tapi pastinya ini info berguna buat yg nggak gaptek kayak aku... hehe....

    ReplyDelete
  6. wah info bagus...thank 4 share yaa...^^

    ReplyDelete
  7. nah info yang begini ane demen banget..lanjut terus bos..

    ReplyDelete
  8. Enggak ngerti... hehehehe

    ReplyDelete
  9. Bagus-bagus....
    Trim's atas infonya....lanjutin terus postingannya...

    ReplyDelete