Membuat Laporan US visitor via Google Analytics

 On Sunday, March 28, 2010  

Artikel ini merupakan lanjutan dari posting sebelumnya yaitu tentang 3 manfaat web analytics, selanjutnya dengan bantuan google analytics startegi blogging mencoba berbagi informasi lainnya seputar cara membuat custom report khusus bagi pengunjung yang berasal dari negara tertentu, US visitor misalnya. Defaultnya data-data yang di tampilkan google analytics sudah komplit tapi mereka juga menyediakan fasilitas lainnya yang bisa digunakan jika anda ingin membuat laporan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Berikut screenshot 2 grafik antara All Visitor (default report) & US Visitor (custom report)
US visitor via Google Analytics

Untuk Membuat Laporan US visitor via Google Analytics, silahkan login dulu lalu pilih website / blog, selanjutnya

advance segment us visitor
Pada MyCustomized pilih advanced segments lalu klik pada Create New Custom Segments. Dibagian ini terdapat banyak tool yang mempunyai fungsi berbeda. Screenshot-nya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini..


Untuk membuatnya anda tinggal pilih Dimenssion > Visitor > Country/Territory lalu masukan atau drag ke bagian dimenssion or metric (sebelah kanan).


Pada condition pilih "Matches Exactly" sedangkan value "United Stated". selanjutnya beri nama settingan ini misalnya US Visitor, lalu save segments.

Untuk mengecek / mengetes pengaturan ini, silahkan kembali ke halaman dashboard lalu klik menu Advance Segment pada sebelah kanan, pilih "US Visitor", aktifkan. Hasilnya bisa anda lihat seperti pada gambar pertama diatas. Dari sini google analytics akan menampilkan semua analisa traffic yang berasal khusus dari negara amerika, mulai dari jumlah visitor, asal traffic, dan lain sebagainya. Advance segment bisa juga digunakan untuk membuat laporan data lainnya, misalnya menargetkan halaman tertentu, menganalisa traffic dari search engine, social bookmarking, dll. Lebih detail tentang advance segment bisa anda lihat di Google Support

Selamat mencoba dan semoga artikel Membuat Laporan US visitor via Google Analytics ini bisa bermanfaat. Happy blogging
Membuat Laporan US visitor via Google Analytics 4.5 5 Unknown Sunday, March 28, 2010 Artikel ini merupakan lanjutan dari posting sebelumnya yaitu tentang 3 manfaat web analytics , selanjutnya dengan bantuan google analytics s...


8 comments:

  1. MANTAP banget bos

    saya bau tahu klo google analytics bisa gini :D

    ReplyDelete
  2. mantap mas.. saya sudah pasang google analitycs tapi tidak pernah ngoprek sampai sejauh itu.
    thanks

    ReplyDelete
  3. ini hal baru bagi saya. masang google analytic yang standard aja masih bingung

    ReplyDelete
  4. Waduh belum pernah nyoba sejauh itu sob, idem sama @AnisBlog yg standar juga masih binun apalagi yg advance kaya gini.. btw thanks for sharing..

    ReplyDelete
  5. makasih tipsnya... moga bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
  6. info menarik nih, n blognya keren bro

    ReplyDelete