Managemen Usaha Kecil Bagi Pemula

 On Sunday, January 25, 2009  

Menjalankan sebuah bisnis ibarat menjalani kehidupan kita sendiri, selain ada kewajiban, hak, interaksi sesama, tujuan kedepan, juga ada fun dan rasa cinta pada bisnis yang kita jalani. Seorang entrepreneur tidak akan mungkin sukses bila tidak nyaman dalam menjalankan bisnisnya. Rasa nyaman itu tercermin dari bagaimana dia enjoy dan fun dalam mengelola bisnisnya. Walaupun berada dalam tahapan ekonomi yang sulit sekalipun.

“Lifestyle Entrepreneur”. Bisnis yang telah menjadi gaya hidup, dijalankan oleh para Lifestyle Entrepreneur tidak semata-mata hanya hobi, kemandirian finansial atau sebuah kerajaan bisnis, namun kesempatan untuk hisup dan bekerja di tempat-tempat kesukaan, seperti di rumah, cafĂ©, mal yang bertujuan untuk menciptakan peluang bisnis. Tapi seorang pengusaha harus menyadari bahwa tujuan utama adalah bukan terpenuhinya kebutuhan dan keinginan pelanggan, dia harus mengatur jam kerja layanan dan berinteraksi dengan cara-cara pebisnis handal dan professional yang mencerminkan bahwa mereka memahami betul kebutuhan pelanggan

Beberapa kiat jitu bagi yang ingin menjadi pengusaha..
  1. Jadikan hobi sebagai peluang.
    Carilah usaha yang memang dekat dengan hobi atau kemampuan pribadi. Kemampuan itu adalah modal kita yang pertama, kita bisa merenungkan, apa saja yang kita kuasai dan mampu dikerjakan dengan baik. Kemampuan ini akan berkembang terus, dan kita yang tahu seluk-beluknya. Setiap usaha punya kerumitan dan masalahnya sendiri

  2. Ukur peluang yang akan kita buat
    Semua usaha baru di mulai karena ada kebutuhan. Setelah kita mengidentifikasi adanya kebutuhan, barulah ada pasar yang potensial

  3. Cari modal atau rekan bisnis yang sehat
    Jika tidak punya modal sendiri, maka kita perlu mencari kerjasama dengan orang lain dan disarankan untuk berhati-hati dalam urusan administrasi keuangannya, karena banyak kasus peipuan dan banyak partner yang curang atau nakal

  4. Jalankan dengan bijak dan Awasi!
    Usaha kecil pada awalnya harus ditangani sendiri, karena sistem administrasi dan organisasinya belum mapan, mudah terjadi penyimpangan jika kita serahkan pada orang lain atau bisa menjalankan dan mengawasi langsung, kita akan mudah dimanipulasi atau ditipu karyawan atau rekan.

  5. Lokasi strategis dan tata letak dengan baik.
    Untuk usaha kecil dalam bidang penjualan, promosi terbaiknya adalah lokasinya. Tata letak toko yang baik akan mempermudah kemampuan produksinya

  6. Pantang menyerah dan mengatur keuangan dengan bijaksana
    Setiap usaha pasti akan merasakan jatuh bangun ketika menjalaninya. Intinya, jangan mudah menyerah, lakukan perencanaan dengan matang untuk mengurangi segala bentuk resiko. Mengatur keuangan kita dengan baik, putar hasil keuntungan yang didapat untuk modal baru bagi usaha kita.
Semua usaha kita akan berhasil apabila kita menajalaninya dengan baik dan dalam usaha, gagal itu merupakan hal yang biasa, akan tetapi kita harus pantang menyerah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Source: Stevanie (Frontliners)


Tag : manajemen bisnis, mengatur keuangan, tips menjadi pengusaha

Managemen Usaha Kecil Bagi Pemula 4.5 5 Beni Sunandar Sunday, January 25, 2009 Menjalankan sebuah bisnis ibarat menjalani kehidupan kita sendiri, selain ada kewajiban, hak, interaksi sesama, tujuan kedepan, juga ada fun...


14 comments:

  1. wah posting yang bagus.. tapi sekarang masih lom punya bisnis..
    ada gak.. tips untuk memulai sebuah bisnis dari awal..?

    ReplyDelete
  2. Hi friend thankx for visiting... Smile for ur blog :) :) :)

    ReplyDelete
  3. wah...sekarang lagi pengen numpulin modal buat buka praktek..huhuu...

    ReplyDelete
  4. nice posy nihh..
    aku lagi usaha kecil2an juga..

    ReplyDelete
  5. Bagus sekali postingannya :
    1. semua hobi kita pasti bisa mendatang peluang. Pertanyaannya bagaimana menjadikan hobi itu peluang (mendapat hasil)

    2. sejauh kita memerlukan berarti orang lain juga memerlukan. Bagaimana mengelola hobi itu sedemikian rupa sehingga menjadi tepat guna bagi kebutuhan pihak lain. Pasar harus diciptakan.

    3. Usaha mutlak dengan modal uang, bagaimana kita menyikapi dengan pasti- kepercayaan yang utama. Tahap awal sebaiknya jangan mengandalkan modal dari pihak luar. Kena tipu terjadi karena kita kurang mendalami karakteristik uang itu sendiri lebih mementingkan keinginan dari kebutuhan

    4. Untuk tahap awal pembangunan bisnis kita harus mengucurkan keringat, berlumur debu. Jangan percaya orang lain. Tiga tahun pertama masa perjuangan, dua tahun berikut masa evaluasi, tahun ke lima masa pengembangan dan pertahankan diri. Tidak jarang orang gagal di tahun ke-5 dan seterusnya.

    5. Kadang suatu lokasi strategis menurut orang lain tapi bagi kita tidak, gitu juga sebaliknya. Selama suatu lokasi sudah ada calon konsument maka lokasi pasti strategis, tinggal bagaimana sentuhan akhir dari calon pebisnis

    5. Mengatur atau administrasi merupakan sebuah pekerjaan tersulit dalam mengelola keuangan. Jadi ada baiknya kita mulai dari yang terkecil; pisahkan urusan dapur dengan urusan bisnis dengan cara menentukan gaji kita sebagai pemilik bisnis

    Komitment dengan tujuan berusaha maka pasti sukses. Kalau gagal itu baru luar biasa karena kegagalan setelah berbisnis tidak seburuk kegagalan karena takut berbisnis

    ReplyDelete
  6. Wahh.. nice info bro.. saya juga pengen bgt buat usaha tapi ga ada modal, ada yang mau bantuin?? wakakkaa

    ReplyDelete
  7. Yuuk mari usaha kecil2an, mulai dari yang gratis dulu aja yach.
    Bikin blog di blogger terus pasangin Google Adsense.
    Bikin artikel yang menarik dan bernilai tinggi trus iseng-iseng kasih smile sana sini tapi jangan kelewatan yach biar gak dibanned sama Mr. Google.
    Sambil nunggu orang ngeklik kita tarik nafas dan...dapat dech sehari $4 - $20 dollar.
    Ada yg mau bantu aku dapat duit gak yach?????

    Cheers, frizzy.

    ReplyDelete
  8. usaha kecil memang menjadi dasarnya apabila akan merintis usaha yg besar nantinya

    ReplyDelete
  9. waah jadi pengen punya usaha neeh....!!

    ReplyDelete
  10. wow, artikelnya berbobot banget bro :) Inspiratif banget deh. Kebetulan Entrepreneur adalah cita2ku sejak kecil, dan artikel ini semakin membuka mata aku tentang Entrepreneurship :)

    ReplyDelete
  11. hobi sebagai peluang.
    hmmmm mantap neh

    ReplyDelete
  12. siang mas ....

    aku pengen deh bikin usaha kecil2an di internet ..

    ReplyDelete
  13. ditampung dan dipelajari sebagai referensi tipnya

    ReplyDelete
  14. Bagus artikelnya lohh..
    Mohon dikupas lebih dalam mengenai publikasi/pemasaran produk jualannya, saya penasaran nih..

    thx yaa..

    ReplyDelete