3 Manfaat Web Analytics

 On Saturday, March 27, 2010  

Web analytics adalah proses mengukur dan menganalisis statistik traffic atau lalu lintas pada sebuah website. Umumnya setiap bisnis melakukan beberapa analisis data dan digunakan untuk menentukan penjualan, keuntungan, tingkat kerugian, dan minat pasar. Namun, dalam hal membangun e-presence yang kuat, dibutuhkan tool yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk mempromosikan situs anda.

Web analytics stabil telah mendapatkan popularitas di antara situs web, blog dan portal. Hal ini digunakan untuk menganalisis tren pasar dan untuk mengidentifikasi pengguna atau pengunjung situs web. Hal ini juga digunakan untuk menentukan perilaku pengguna situs web. Berikut 3 Manfaat Web Analytics.

# 1. Membantu memantau pengunjung dan pengguna

Dengan analisis Web, anda akan tahu berapa lama pengunjung tinggal di situs web Anda, siapa mereka dan dari mana mereka berasal. Mengetahui clickstreams, kata kunci yang digunakan, dan bagaimana mereka datang situs anda (pengarah halaman, search engine, dll). Selain itu, anda akan dapat menentukan berapa kali seorang pengguna atau pengunjung kembali ke Web dan halaman yang diberi preferensi.

Bahkan, perangkat analisis web akan memberitahu penggunaan situs web anda sampai pada spesifikasi data yang lebih detail. Misalnya memberitahu Anda tentang region dan bahasa dari pengunjung web. Bahkan dapat menunjukkan kota asal. Selain itu alamat IP dan host yang digunakan untuk mengakses web. Analisis lebih lanjut akan mengungkapkan jika pengunjung berada di sana untuk benar-benar memeriksa situs anda

# 2. Membantu anda mengoptimalkan situs web

Setelah anda menganalisa data pada poin #1, langkah selanjutnya yaitu mempelajari dan lebih mengoptimalkan website anda. Disini akan menimbulkan kreatifitas ide anda tentang hal-hal yang perlu diubah dan menambahkan beberapa aspek pada web yang mungkin lebih menarik untuk pasar yang anda bidik.

- Mengetahui halaman mana yang paling dilihat dan yang diabaikan.
- Dapat menyesuaikan aspek-aspek tertentu dari situs web Anda yang perlu perbaikan atau penyesuaian.
- Memperbaiki masalah teknis apapun, misalnya membentuk kembali navigasi situs untuk lebih membantu pengguna situs Anda atau pengunjung dan lain sebagainya.

# 3. Membantu anda merumuskan penjualan dan pemasaran

Web analytics akan dapat membantu anda dalam mempersiapkan e-marketing. Ini akan lebih efektif karena rencana anda akan didasarkan pada fakta yang sebenarnya dan bukan sekadar probabilitas. Anda akan dapat benar-benar tahu apa yang diinginkan pasar. Dengan pelacakan item yang sangat diminiati, anda akan mengetahui produk yang menerima tanggapan tertinggi.

Recommended analytics tools :
Google Analytics
Quantcast

Selamat mencoba dan semoga artikel 3 Manfaat Web Analytics ini bisa bermanfaat. Happy blogging

3 Manfaat Web Analytics 4.5 5 Unknown Saturday, March 27, 2010 Web analytics adalah proses mengukur dan menganalisis statistik traffic atau lalu lintas pada sebuah website. Umumnya setiap bisnis melakuka...


10 comments:

  1. untuk advance nya gitu..
    tapi, mumpung masih nubie,, skrg cuma ngeliat pengunjung aja di analitic :)

    makasih, mas

    ReplyDelete
  2. Nice info bro,and thx for sharing yeah..

    ReplyDelete
  3. mantabs.... jadi pengen mengoprek analityc lebih dalam.

    ReplyDelete
  4. wah info yang bermanfaat, thanks bro ^_^

    ReplyDelete
  5. saya baru daftar analitic bulan kemarin dan itupun masih rada2 blank.

    ReplyDelete
  6. pengetahuan saya jadi bertambah

    ReplyDelete
  7. tapi, mumpung masih nubie,, skrg cuma ngeliat pengunjung aja di analitic :)

    ReplyDelete
  8. kayaknya keren nih pake analystic

    ReplyDelete
  9. Wah bagus jg ya manfaaatnya.. kd pngin nyoba.. smoga bisa.. Thanks infony

    ReplyDelete