Cara Meningkatkan Google Crawl

 On Sunday, May 02, 2010  

Bagaimana cara meningkatkan Google Crawl? pertanyaan ini sering muncul ketika mengalami suatu permasalahan pada blog yang kita kelola, salah satu contohnya yaitu halaman blog tidak terindeks dalam waktu yang cukup lama. Adalah googlebot yang memiliki peranan penting pada permasalahan seperti ini dan perlu diketahui, frekuensi googlebot untuk mengunjungi sebuah blog sangatlah bervariasi, bisa dalam hitungan jam bisa juga memakan waktu yang cukup lama. Lalu, faktor apakah yang MENENTUKAN seberapa sering googlebot menelusuri blog kita?

Ada 2 hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:
1. Jumlah link yang mengarah ke blog
2. Jumlah halaman atau artikel pada blog

LINK:
Kalau google tidak menemukan cukup banyak link yang mengarah ke blog anda, biasanya google akan menganggap blog tersebut tidak terlalu penting, dengan kata lain semakin banyak link-link berkualitas yang anda dapatkan maka semakin cepat pula frekuensi google meng-crawl blog anda.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan link-link yang memiliki kualitas tinggi?
Link berkualitas biasanya berasal dari

- Website yang sudah memiliki kredibilitas tinggi, misalnya wikipedia dll
- Blog-blog yang ber-pagerank 4 ke atas
- Blog yang memiliki topik yang sama
- DoFollow blog

Biar lebih mantep! kirim artikel-artikel anda ke berbagai layanaan, misalnya website-webiste social bookmarking, social networking, dan article directory

HALAMAN:
Kalau blog anda memiliki hanya beberapa artikel saja, sudah pasti google tidak akan TERLALU sering mengunjungi blog anda. Google cendrung meningkatkan frekuensi crawl (perayapan) pada website atau blog yang selalu konsisten membuat fresh dan unique content (bukan copas)

Adakah cara lain untuk meningkatkan proses crawl google?
ADA. Yaitu dengan bantuan Google Webmasters Tools. Pengaturan ini hanya berlaku pada website yang telah lama berjalan, kalau website anda masih baru! proses google crawl berada pada nilai default. seperti pada gambar berikut ini:

Cara meningkatkan google crawl images 1
Jika website anda sudah lama online, anda diberikan kebebasan untuk menurunkan atau menaikan frekuensi perayapan (crawl).

cara meningkatkan Google Crawl images 2
Note:
Perlu diingat, merubah frekuensi perayapan pada opsi "Faster" tidaklah merupakan ide yang terbaik. karena selain tidak akan membaca secara detail setiap halaman, crawl google juga dapat memakan resource yang cukup signifikan pada server dan bisa menurunkan performa server anda (terkecuali blogspot, wong punya google sendiri servernya)

Google Crawl dan Tingkat Kecepatan Server Anda
Proses google crawl juga dapat dipengaruhi oleh lama tidaknya respon server anda. Karena setiap detik banyak sekali situs-situs baru yang bermunculan dengan begitu crawl google mungkin bisa juga dikatakan sebagai "orang super sibuk" dan pasti tidak akan menghabiskan banyak waktu di satu website saja. Jika website anda mengalami atau termasuk pada kategori "Lambat (lama loadingnya)", googlebot akan mengingatnya dan nanti akan kembali lagi dengan tingkatan yang disebut Decreased Crawl Rate.

cara meningkatkan Google Crawl images 3
Jika memang demikian, anda akan menemukan pesan di google webmasters tools yaitu pada menu Dashboard - Setting. Dan apabila hal ini terjadi, ada kemungkinan anda harus mengupgrade server atau hosting.

Selamat mencoba dan semoga artikel cara meningkatkan Google Crawl ini bisa bermanfaat.. happy blogging
Cara Meningkatkan Google Crawl 4.5 5 Unknown Sunday, May 02, 2010 Bagaimana cara meningkatkan Google Crawl ? pertanyaan ini sering muncul ketika mengalami suatu permasalahan pada blog yang kita kelola, sala...


25 comments:

  1. Masih bingung neh... aku punya blog lebih dari 1. ada yang sehari sekali google boot datang (lihat dari sitemeter) ada yang sehari lebih dari 2 kali, tapi ada yang lebih dari 2 hari baru dateng. Yang bagus yang mana y..?

    ReplyDelete
  2. wah, ternyata ada banyak cara untuk mendapatkan crawl dari om google, aku akan segera praktekkan tips nya Bro, thanks ya...

    ReplyDelete
  3. pertamax!!

    google=juga mencrawl blog hebat

    ReplyDelete
  4. informasi yang mantap dan bermanfaat. Sukses untuk kita semua

    ReplyDelete
  5. informasinya berguna bos. blog saya sudah lama nih tidak dirayapi ma mbah google.... terakhir sekitar februari...

    ReplyDelete
  6. terima kasih..artikel ini menjadi bahan masukkan saya sebagai newbie. salam..

    ReplyDelete
  7. I appreciate it very much, at least I know from it someone is reading the contents I have here.

    ReplyDelete
  8. I just couldn't leave your website before saying that I really enjoyed the quality information you offer to your visitors... seo marketing

    ReplyDelete
  9. iLMu baru aQ dapatkan dari membaca artikel ini..??
    terima kasih temand..??

    ReplyDelete
  10. wah ketinggalan dong. aku baru thu ada cara seperti ini. makasih ya...

    ReplyDelete
  11. terimakasih yan atas infonya ini sangat berguna sekali bagi kita yang baru mengenal blog

    ReplyDelete
  12. Waah saya baru tau ada cara beginian, thanks for sharing..

    Kalo sempat mampir di blog saya ya mas.. thanks :D

    ReplyDelete
  13. blogku kok,kalo di cek di alexa,jumlah linkx 0.padahal udah daftar ke berbagai situs social bookmarking...,ada saran bos

    ReplyDelete
  14. wah ilmu seperti ini nih yang bener bener dicari...thanks banget bro atas sharingnya...tapi masih bingung nih,,,emang boleh ya mejeng link di blog orang seperti ini ? atau mejengnya di pilihan comment as,, disana kan ada pilihan name/url..jadi triknya kayak gimana dong bos ??

    ReplyDelete
  15. Mas, settingan crawl rate letaknya dimana ya?

    ReplyDelete
  16. Saya setuju, Google Loves Content, jadi paling demen ngunjungin blog yang sering diupdate

    ReplyDelete
  17. Wah..ikutan nimbrung ah kali aje bermanfaat buat blog gue..he..he..thanks bro?

    ReplyDelete
  18. siiip artikelnx.. ni yg kucari2...

    ReplyDelete
  19. Wah ternyata bermacam2 alias banyak cara yang bisa dilakukan. Tapi bagaimana jika kita sudah melakukan hal diatas tetapi tetep blm ke index juga? Salam kenal http://www.blogoholic.web.id

    ReplyDelete
  20. terimakasih atas infonya sangat berguna sekali

    ReplyDelete
  21. If your are involved in obtaining life long relationship, marketing, and business skills you will want to social networking. Thanks ;)

    ReplyDelete
  22. web saya indeks nya lama baru ke update.
    kira-kira kenapa ya?

    ReplyDelete
  23. terima kasih banget infonya, soalnya aku baru mulai ngeblog nih, dan diliat dari webmaster tools kayanya crawl ke blogku makin hari makin turun.

    ReplyDelete
  24. Jadi sebenarnya dalam sehari, kunjungan si bot crawl kesebuah web itu ada berapa kali atau setiap berapa menit ya ? http://semilirhati.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. Makasih infonya, selain itu bisa ditingkatkan dengan meminta googlebot melalui webmaster tool

    ReplyDelete